Cara Membuat Tempat Sampah Lucu dari Kardus

Cara Membuat Tempat Sampah Lucu Dari Kardus

Membuat tempat sampah dari kardus bekas adalah tindakan yang memiliki banyak manfaat positif. Pertama-tama, ini adalah upaya yang ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan plastik dan bahan-bahan lain yang sulit terurai di alam.

Dengan menggunakan kardus bekas sebagai bahan utama, kita dapat mengurangi limbah padat dan kontribusi terhadap masalah sampah global.

Selain itu, membuat tempat sampah dari kardus bekas juga dapat menjadi proyek yang mengedukasi, terutama untuk anak-anak, tentang pentingnya daur ulang dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Selain manfaat lingkungan, tempat sampah kardus juga dapat memberikan estetika yang unik dan kreatif pada ruangan atau area outdoor Anda.

Dengan mengeksplorasi berbagai desain dan dekorasi, Anda dapat menciptakan tempat sampah yang fungsional sambil tetap menarik secara visual.

Dengan demikian, membuat tempat sampah dari kardus bekas adalah langkah kecil namun berdampak besar dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menginspirasi kesadaran lingkungan di sekitar kita.

Cara Membuat Tempat Sampah Lucu dari Kardus

Untuk membuat Tempat Sampah Lucu dari kardus ini, kalian cukup menyiapkan

Alat dan bahan membuat Tempat sampah lucu :

  • Kardus bekas
  • Lem tembak dan lem uhu
  • Penggaris
  • Spidol
  • Sumpit kayu
  • Gunting
  • Selotip kertas
  • Karton warna-warni
  • Renda

| Baca juga : Cara Kreatif Membuat Kerajinan Dari Botol Bekas

Cara membuatnya :

  1. Ambil kardus bekas dan potong hingga membentuk prisma tegak segitiga ukuran panjang 11 x 5  cm
  2. Buatlah 2 potong persegi panjang menggunakan kardus dengan ukuran 11 x 10 cm, 2 persegi panjang ukuran 13 x 9 cm dan persegi ukuran 10,5 x 10,5 cm
  3. Letakkan kardus-kardus tersebut dengan sejajar (prisma tegak segitiga, persegi panjang 10 x 11 cm, prisma tegak segitiga, persegi panjang 10 x 11 cm) lalu satukan setiap sisi dengan sisi yang lain menggunakan lem kertas, agar saling menyatu
  4. Alasi kardus menggunakan karton dengan warna berbeda, biru sebagai warna dasar kardus bagian dalam, sedangkan bagian luarnya menggunakan warna pink. Penggunaan warna ini bisa diubah, sesuai dengan warna kesukaanmu
  5. Setelah kardus tertutup dengan sempurna, rekatkan setiap bagiannya sehingga membentuk kubus, dengan bagian atas yang masih terbuka
  6. Selanjutnya, ambil potongan kardus berukuran 10,5 x 10,5. Alasi kardus tersebut dengan karton warna biru dan pink pada setiap sisinya, lalu tempelkan menjadi alas tempat sampah
  7. Lipat menjadi dua bagian pada kardus ukuran 13 x 9 untuk menjadi penutup tempat sampah, lalu alasi permukaan kardus menggunakan karton warna biru untuk bagian luar dan warna pink untuk bagian dalamnya
  8. Ukur dan potonglah sumpit kayu menyesuaikan dengan lebar bagian penutup tempat sampah, berikan lem tembak pada kedua sisinya lalu tempelkan sumpit kayu tersebut, rekatkan dengan lem tembak agar merekat dengan sempurna
  9. Buatlah potongan karton untuk dijadikan penahan atau pengganjal dari kayu dan bagian penutup tempat sampah
  10. Setelah bagian tutupnya terpasang, hiaslah tempat sampah tersebut dengan menggunakan renda pada bagian kotak bawah
  11. Hiaslah tempat sampah yang sudah jadi hingga menyerupai wajah, yang memiliki mata dan kumis

Itulah cara membuat tempat sampah lucu dari kardus bekas ūüėÄ

Jangan pernah membuang kardus begitu saja, karena kardus bekas memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat yang beragam.

Dalam era keberlanjutan dan daur ulang yang semakin penting, kardus bekas bisa menjadi bahan yang berharga untuk berbagai keperluan. Anda dapat menggunakannya untuk membuat beragam barang, seperti tempat penyimpanan, kerajinan tangan.

Selain itu, dengan mendaur ulang kardus, Anda turut berkontribusi dalam upaya menjaga lingkungan, mengurangi limbah, dan menghemat sumber daya alam.

Jadi, daripada membuang kardus begitu saja, pertimbangkan untuk mendaur ulang atau menyimpannya untuk kegunaan di masa depan.

Tindakan sederhana ini tidak hanya membantu Anda menghemat uang, tetapi juga berperan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan kita.

Tempat sampah 3 warna apa saja?

Kriteria warna dan jenis sampah dalam pemilahan wadah sampah meliputi:

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *