Kerajinan Tas dari Kain Perca yang Bisa Dibuat Dirumah

Kain perca adalah kain sisa dari pembuatan kerajinan penjahit. Untuk mendapatkan kain perca kita bisa dapat dari sisa potongan potongan penjahit rumahan yang sudah tidak digunakan. Kita bisa membuat kerajinan berbagai macam dengan kain perca yang sudah tidak digunakan itu, Salah satunya adalah tas.

Dengan memanfaatkan kain perca ini kita bisa memulai ide bisnis dengan menjual kerajinan yang terbuat dari kain perca. Apalagi kain perca mudah didapatkan dengan harga murah bahkan gratis, yang tentunya bisa menghemat untuk modal pembuatannya

Proses pembuatannyapun tidak begitu sulit. Maka dari itu mahailmu.com akan memberikan contoh kerajinan tas dari kain perca yang bisa kalian contoh dirumah.

Cara Membuat Tas dari Kain Perca

Untuk membuat tas dari kain perca kalian hanya perlu menyiapkan

Alat dan Bahan:

  • Kain perca
  • 1/2 meter kain blacu
  • 1/2 kain flanel motif (untuk bagian dalam tas)
  • Benang jahit (warna sesuai selera)
  • Mesin jahit

kalau gapunya mesin jahit, kalian bisa menggunakan tangan kok

Cara Membuatnya:

  1. Carilah ide model tas yang mau dibuat dan jangan lupa untuk menggambarnya. Untuk ide model kalian bisa lihat dibawah
  2. Potong kain perca sesuai ukuran model kalian, entah itu persegi maupun segitiga. Setelahnya gabungkan satu persatu
  3. Kemudian buatlah tas dari kain blacu. Potong kain blacu dengan lebar 50 cm dan panjangnya 100 cm. Jahit kain sampai membentuk kantong dengan ukuran 50×50 cm, jangan lupa rapikan bekas jahitannya ya.
  4. Lalu, pasangkan bagian dalam tas yang terbuat dari kain flanel motif. Cukup potong kain flanel sesuai ukuran, kemudian jahit pada bagian yang sudah kamu buat.
  5. Selanjutnya buat tali untuk tas nya, potong 2 helai kain blacu dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 10 cm. Setelah itu jahit dan sambungkan pada bagian tas yang pertama.
  6. Setelah tas mulai terbentuk, kamu tinggal mengaplikasikan kain perca pada bagian luar tas.

Contoh Kerajinan Tas dari Kain Perca

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan tas dari kain perca yang bisa kalian contoh dirumah:

1. Tas Motif Heksagon dari Kain Perca

kerajinan tas kain perca

Contoh kerajinan yang pertama ini adalah tas bermotif heksagon(segi enam). Dengan menerapkan motif ini, kalian bisa mendapatkan kesan yang unik dan klasik. Apalagi kalau kita yang membuatnya sendiri pasti akan lebih berkesan tentunya

2. Tas Motif Batik dari Kain Perca

Contoh Kerajinan tas dari kain perca yang ke dua adalah tas bermotif batik yang terbuat dari kain perca. Untuk membuat tas motif batik ini, tentunya kalian membutuhkan kain perca yang bermotif batik. Untuk memiliki kesan yang menarik, kalian gak harus membeli tas yang mahal.

Kalian bisa membuat tas bermotif batik ini dengan kain perca yang bisa didapatkan dengan harga murah bahkan gratis tapi bisa memiliki kesan yang menarik

3. Tas dari Kain Perca yang Mudah Dibuat

kerajinan tas kain perca

Contoh Kerajinan tas dari kain perca yang ke tiga ini adalah salah satu contoh yang paling mudah dibuat, karena pembuatannya menggunakan bahan seadanya dalam arti yang penting bisa digunakan.

Tapi tas ini tidak kalah menarik dengan tas yang lain, karena dengan motif yang seadanya ini memiliki kesan buatan sendiri

4. Tas Make Up dari kain Perca

kerajinan tas kain perca

Contoh Kerajinan tas dari kain perca yang ke empat ini adalah tas make up yang terbuat dari kain perca. proses pembuatannya cukup mirip dengan pembuatan tas dari kain perca cuma berbeda ukuran saja.

Gausah bingung mau bawa make up dengan apa, kalian bisa membuat tas make up dari kain perca. Bukan nilai harga yang menjadi daya tarik, tapi seni kerajinan itulah yang akan menjadi daya tarik, apalagi kalau tas make up ini nuatan kalian sendiri

5. Tas Motif Bunga dari Kain Perca

kerajinan tas kain perca

Contoh kerajinan dari kain perca yang ke lima adalah kain tas bermotif bunga yang terbuat dari kain perca. Kapan lagi, kalian bisa membuat tas secantik ini hanya menggunakan kain perca yang bisa didapatkan dengan harga yang murah bahkan gratis.

Kalian hanya butuh semangat untuk memulainya, kalau contohnya, kalian bisa baca-baca artikel mahailmu.com agar lebih tau apa sajasih yang bisa dibuat dengan tangan kita

| Baca Juga : Contoh Kerajinan dari Styrofoam dan Cara membuatnya

Manfaat Membuat Kerajinan Tas dari kain Perca

Membuat kerajinan tas dari kain perca memiliki berbagai manfaat, baik secara ekonomi maupun lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari membuat kerajinan tas dari kain perca:

1. Pemanfaatan Limbah:

Kain perca seringkali berasal dari limbah atau sisa-sisa dari penjahit. Dengan membuat tas dari kain perca, kalian juga membantu mengurangi jumlah limbah yang akhirnya masuk ke tempat pembuangan sampah.

2. Ramah Lingkungan:

Dengan menggunakan kain perca sebagai bahan utama, kalian mendukung konsep daur ulang dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Hal ini dapat membantu mengurangi penggunaan bahan-bahan baru yang diperlukan untuk membuat produk baru.

3. Kreativitas dan Desain Unik:

Kain perca seringkali memiliki pola dan warna yang beragam. Membuat tas dari kain perca adalah salah satu ide untuk menciptakan produk dengan desain unik dan kreatif. Setiap tas dapat menjadi karya seni yang unik dan personal.

4. Ekonomis:

Kain perca seringkali lebih terjangkau daripada membeli kain baru. Dengan membuat tas dari kain perca, Anda dapat menghemat biaya pembelian bahan, yang dapat memberikan keuntungan ekonomis.

5. Pengembangan Keterampilan:

Proses membuat tas dari kain perca bisa meningkatkan keterampilan, seperti pemotongan, menjahit, dan merancang. Aktivitas ini dapat membantu pengembangan keterampilan tangan dan kreativitas, baik untuk pemula maupun pengrajin berpengalaman.

6. Peluang Bisnis:

Jika kalian memiliki bakat dalam membuat tas dari kain perca dan memiliki daya kreativitas yang tinggi, ini bisa menjadi peluang bisnis. Kalian dapat menjual produk-produk kalian secara online atau melalui pasar lokal.

7. Pemberdayaan Masyarakat:

Jika praktik membuat tas dari kain perca dikembangkan sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat, hal ini dapat memberikan peluang pekerjaan dan sumber penghasilan bagi kelompok masyarakat tertentu.

8. Produk Bernilai Tinggi:

Tas dari kain perca sering memiliki nilai estetika dan kualitas yang tinggi. Hal ni dapat menarik konsumen yang mencari produk unik dan berkualitas tinggi, yang mungkin bersedia membayar lebih untuk mendapatkan produk yang dibuat dengan teliti.

Dengan menggabungkan manfaat-manfaat ini, membuat kerajinan tas dari kain perca dapat menjadi kegiatan yang bermanfaat secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *